Latest Post :

About

Home » , , , » Syeikh A.Sukino vs KH. Marzuki Mustamar

Syeikh A.Sukino vs KH. Marzuki Mustamar

Minggu, 22 April 2012 | 276k o m e n t a r

Baru baru ini ada seorang syeikh yang katanya dari Solo, kalau g salah sih namanya Syeikh Ahmad Sukino yang baru baru ini lebih tenar dengan sebutan Syeikh A.Sukino karena kebiasaan orang Indonesia itu suka menyingkat sesuatu termasuk Ahmad hanya diwakili dengan satu huruf "A". Syeikh A.Sukino tersebut mengeluarkan statement yaitu "Lebih baik ZINA daripada Tahlilan, Diba'an, Maulidan", dsb, dan masih ada lagi statement dia yaitu "Lebih baik makan daging anjing daripada makan nasi Tumpeng, Berkat, Ambeng", dsb.
Naaaaah... silahkan download dan simak uraian tersebut... DISINI
Kalau menurut sobat sobat semua gimana tuu???? cocok g dengan statement tersebut???
Anda bersama gasud.com sedang membaca artikel tentang Syeikh A.Sukino vs KH. Marzuki Mustamar dan anda bisa menemukan artikel Syeikh A.Sukino vs KH. Marzuki Mustamar ini dengan url http://www.gasud.com/2012/04/syeikh-asukino-vs-kh-marzuki-mustamar.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Syeikh A.Sukino vs KH. Marzuki Mustamar ini sangat bermanfaat bagi anda dan teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Syeikh A.Sukino vs KH. Marzuki Mustamar sumbernya.
Share this article :

276 komentar:

  1. tu kan karena syekh itu kaya anjing... tukang zina...

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah kalau kita tidak bisa mengontrol emosi diri sendiri kang.....

      Hapus
    2. Assalamuallaikum wr.wb..salam kenal semuanya,ini saya anto dari jogja juga warga MTA.

      Hapus
    3. terserah temen2 mau mengatakan kami & pengasuh kami apa?toh cuma kalian aja kok yang mengatakan itu pada kami..perkataan seperti itu biasa di ucapkan oleh orang2 yng tidak suka pada kami,tapi kami tetap akan jalan terus..dengan mempelajari tafsir Al quran & sunah nabi!jika memang kami salah coba tunjukkan salah kami dimana..dan kami hanya belajar & mengamalkan Al Quran saja..sebagaimana apa yang di amalkan nabiMuhammad juga,tidak kurang & tidak juga lebih.

      Hapus
    4. Ms Bro....saya ykin ms bro bs baca Qur'an...dn tau ilmu tajwid...huruf ya titik 2 dbwh...huruf nun titik 1 diats dsb...ilmu tajwid dn huruf2 hijaiyah dg tanda titik2 yg berbeda2 spt huruf ya titiknya dua dibawah... huruf nun titiknya satu atas ada kasroh,ada dommah, ada fathah dsb.. hal itu nabi Muhammad tdk prnah mengajarkan....para sahabat,tbi'in dn ulama salafusholih lah yng mengembangkan agar bacaannya tartil/baik...
      menurut saya org yg mmbaca al Quran mlakukan bid'ah...krna hrus mmbacanya tartil...utk tartil kita harus belajar tajwid...tau kasroh...dommah...sukun...tasjid
      apalagi dlm bhsa arab kita hrs pake ilmu nahwu shorof/tata bhsa arab...nabi tdk mngajarkan nahwu shorof...kita jd bid'ah lagi...
      hal ini apakah bukan trmasuk menambahi amalan2 dlm beribadah....????

      Hapus
    5. jauhkan perdebatan..stiap orang yg berdebat pasti mau menang sendiri.. ibarat seperti orang berantem.. lebih baik kalian smua pahami tuntunan ibadah cara rosul.. kalau menurut saya.. coba aja tuh lngng ditanya sama pak sukino.. benar apa tdk.. dr pd berdebat panjang lebar,omongan'y kmana2.. malah nanti jd fitnah lg...

      Hapus
    6. Saya sering dengar ngajinya Ustad Sukino, di radio, ngajinya emang sekedar mengartikan ayat per ayat alQur'an, saya setuju kebenaran harus di cari, kita sama2 hidup di zaman yang jauh dari Rosululloh Saw, Coba di lihat dari sejarah, yang ngenalin agama di tanah jawa siapa? guru2 kita darimana? kita bisa tahu AlQur'an dari siapa, kita bisa baca AlQuran dari siapa? kita pasti bicara dari guru kita, guru-guru kita, yang banyak ditanah jawa bilang dari WALISONGO,,,, kalo cara ngajinya sukino kok beda dengan Kiai yang lama di TanahJawa,,,,dia berguru ke mana ya? dia sanad guru2nya dari siapa ya? dia kecil dimana, kalo jawa kok gak nganggep Walisongo,

      Hati hati sob, dengan ajaran2 yang sok persis dengan Nabi, kita sama2 gak hidup zaman nabi, kita dapat runutan ilmu, dari sohabat, tabi"in, tabi'-tabi'in, para wali2,

      Hapus
    7. Alumni Pondok manasih orang yg mengaku Syeh A.Sukino jangan-jangan dari pondok bambu,atau pondok ... apa orang latah karena baru bisa baca alquran.orang bisa membaca alquran harus ada ilmunya,apalagi sampai mentafsirkaan alquran, harus punya ilmu 'alatnya jangan asal bisa baca, bahaya dong orang belajar tanpa guru yg berkompeten berati adalah berguru pada setan,hati-hati itu dan bisa-bisa malah mengaku malaikat nanguzubillaah

      Hapus
  2. apa yang di ucapkan nabi agung Muhammad Saw bener2 terbukti..bahwa di akhir zaman akan banyak aliran islam yang menyesatkan. Untuk Sekh Sukino ..kalau baca alqur'an harus di telaah lagi.. jangan asal nubruk dan memberi kesimpulan aja. Bila di dalam Al qur'an keterengannya tidak jelas maka harus di cari di dalam hadist rosullulah..Sukino jangan membuat statemen yang menyesatkan ..kalau mau debat masalh statemen mu itu datang aja ke jawa timur.. saya siap berdebat dengan anda. nih no hp ku 03172683503

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukino tak layak disebut Syeikh.....

      Hapus
    2. mas Putra yang nyebut syeikh itu orang2 yg gk seneng sama beliau, biar saudara faham simak di website MTA-online ikuti kajiannya, baru komntar, gk ada semua statemnt di atas itu muncul dari fitnah KH Marzuki Mustamar, OK

      Hapus
    3. Ups????mengikuti kajian MTA????salah alamat kang...... sebaiknya malah justru MTA saja yang mengikuti kajian Aswaja NU

      Hapus
    4. @Poetra; jika kamu harus keras kepala, keras kepala-lah dalam kebaikan.

      Hapus
    5. siiippp....bantai j ASUKINO...HALAL

      Hapus
    6. Orang sombong! Jika ingin tau kebenarannya mbok dicek dulu!Benarkah Ustad A Sukino membuat statemen sepeti itu. Dari ungkapannya yang emosional dengan menyebut syekh sudah jelas ada rasa kedengkian yang dalam di dalam hatinya. Hatinya tidak bersih. Apalagi ngajak-ngajak debat, tampak orang itu sangat sombong.

      Hapus
    7. Orang sombong! Keminter!

      Hapus
    8. aq sering dnger mta ngaji tapi mereka mlah blang kiyai nu ahli bid ah padahal mreka juga ahli bidah apakah.. yag dkatakan shek malah membid ah bidah kan golongan lain... apakah shek marzuki fitnah.. marzuki tidak fitnah seandai aya adu agrumen kalian pasti kan.. mngerti karna sheh marzuki ahli nahwu sedagkan kalianhanya ahli bid ah. yang membid ahkan golongan kami. nu langsung dari nabi yang d bwa para wali keindonesia sdangkalian tidak punya sanad yang jlas trus darimana kalian mengenl quran ????/

      Hapus
    9. tolong carikan hadist kalo solawat kpada nabi muhamad SAW itu bid'ah

      Hapus
    10. jngan asal nuduh lbih baik tabayun bla mndengar statmend" yg g jelas asal y , kntor pusat MTA dah jelas og d tengah kota solo , stiap ahad pengjian d buka scara umum silahkn datng n tanya sndiri ma ustadz y sepuasmu

      Hapus
    11. tabayyun sama orang yang selalu mengafirkan golongan saya sdangkan kafirnya sndiri g tau.saya punya guru yang yang jdi panutan sukino bagiku adalah orang gila

      Hapus
    12. Mas Kaffa elbaba.
      Kalau komen mbok yang baik. Masak ngomog laknatullah seenaknya. Ingat hadits nabi. "Man qaala halakan naasu ahlaktahum". Ngerti artinya nggak.
      MTA tidak pernah membid'ahkan sholawat kepada nabi. orang MTA juga sholat lho. Dalam sholat ada sholawat nabi. Barangkali anda nggak pernah sholat ya.
      Bid'ah itu amalan yang di zaman nabi tidak ada, lalu diadakan, kok disuruh menunjukkan dalai bahwa sholawat bid'ah. Piye to iki. Sampeyan kuwi mudeng po ra.

      Hapus
    13. mas anonim yang baik.saya dengar sendiri di radio mta dimklaten bahwa sholawat itu bid'ah karena nabi gak melakukan sholawat.jadi anda gak usah bela diri.pa radio yang saya dengar juga fitnah.ma'af ya low saya bicara.saya setiap malam mengikuti pengajian mta walau saya bukan orang mta

      Hapus
  3. sampeyan do ngoceh dewe2 tapi tdk sesuai ocehan manusia yang beradap, pakailah hati nuranimu bahwa hidup di akherat itu tanpa batas jadi jangan hanya emosi tanpa naluri jangan2 kamu nanti terjerumus dineraka yang kekal disana, kalau kamu orang islam tabayun dulu benar nggak yang kamu sangkakan itu, kalau nggak perkataan mu itu sebagai kendaraan yang mengantar keneraka jahanan nanta

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehee... ocehan manusia yang beradab itu yang kayak gmana gan???

      Hapus
    2. manusia yg beradab itu tidak asal ngomong.....yg menuduh tanpa bukti, makanya datang di MTA kalo da'wahnya ada yg salah dibetulkan biar tidak sesat....begitu gus..!!!!!!

      Hapus
    3. g kebalik too???justru yang sekarang perlu itu ,,,silahkan MTA datang k Ponorogo untuk meluruskan Aqidah...

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Mas Putra, jangan sombong, jika ada masalah yg belum jelas itu tabayun dulu, itu lo sudah di ajarkan di agama islam, sy jg dari NU tp tidak suka jika saudara kami saling mengfitnah, mending tabayun dulu. Biar tahu kebenaran nya.

      Hapus
    6. itu kok sdah brani blang nrka jahanam padala andablum tau nraka jaham >......

      Hapus
    7. tabayun dlu sblum blang jahanam hahaha......

      Hapus
    8. ketahuilah wahai para manusia bahwa yang dida'wahkan MTA itu adalah baru taraf mbaca terjemahan Alqur'an dan Hadits belum tafsirnya.menafsiri ALQUR'AN tidak semudah itu.cuma dengan mmbeli ALqur'an terjemahan terus dida'wahkan.enak aja.harus ngaji dulu puluhan tahun broww

      Hapus
    9. assalamu'alaikum. mungkin biar tidak tertanam dalam hati kita rasa kebencian sesama muslim, mending kita pupuk aqidah islamiyyah kita lewat tholabul ilmi. dan kita mohon agar senantiasa diberi petunjuk oleh Nya di jalan kebenaran, insyaAllah lo kita berada dlm jalan yg bnar kita ndak kan saling menyalahkan. dan bagi pihak yang merasa disalahkan ndak perlu membalas tinggal kita urusin aja tu iman kita masing2. dan kita berdoa agar ALLAH memberikan hidayah bagi kita smua . amiin

      Hapus
    10. Ayo podo eling siapa saya, kabeh duwe 'silet' tapi ojo didelok eleke tok,awake dewe wes berbuat opo kanggo agomo, ra usah nyalahne kono2 ,perbaiki iman ,amal,muamalah ,muasyaroh n ahlaq...
      (ngapunten kyok keminter)

      Hapus
    11. mas anonim yg terhormat.orang dikatakan low merasa lebih pinter dari ulama dan tidak mengikuti ulama,padahal kata nabi ulama itu pewaris para nabi

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. terang aja di hapus ... wong admin-ne ahli bid'ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheee... makane jadi ortang jangan pengecut,,,pakai identitas asli saja...,,kalau perlu tampakkan wajahmu...jangan jadi pecundang di dunia maya....,,itu adalah salah satu ciri kepicikanmu dan ciri ketidak jujuranmu

      Hapus
    2. @Poetra; bung Emosi kamu dah sampai puncak,, ada air taruh di atas kepala pasti mendidih,, hehehe

      Hapus
    3. ah g juga kok mas brooow..... santai aja kok...

      Hapus
  6. ada buktinya ga itu yang ngomong MTA menghalalkan anjing,, zina lebih baik dari tahlilan dsb..
    kalo MTA itu sesat MUI harusnya sudah memberikan fatwa seperti yg dilakukan pada ahmadiyah.
    kalo bicara tanpa bukti sperti anda jadi hakim tanpa undang -undang.
    menurut saya pernyataan sperti ini di lontarkan bukan oleh orang islam. yg sangat jelas sedang memprovokasi umat,,

    kalo ada bukti dari pernyataan yang anda tulis silahkan kirimkan ke pihak MUI.
    sadar kawan yang di MUI mayoritas warga NU juga,, tapi mereka lebih ber ilmu daripada yang menulis di web yang provokativ ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih jelasnya,,tanya langsung saja kepada syeikh sukino,,,"Pernah g dia ngomong kaya gitu" ????
      Gitu aja kok repot?????

      Hapus
    2. saya bukan warga MTA,, saya cuma jurnalis di kampus saya,, aq cari data langsung ke gedung MTA pusat,, dan tak ada satu pernyataan pun yang menyatakan MTA seperti yg tertulis di blog ini. yang ada malah video yang sangat provokativ dari marzuki mustamar.. karena dia ngomong tanpa landasan yang bisa di pertanggung jwabkan... menjelek2kan dan memprovokasi umat muslim lain untuk memusuhi saudaranya sendiri...

      Hapus
    3. saya blum pernah dngar apakah syeh skino ???? bisa baca bukhori gundulan ingat d arab ktab tu tak ada yang seprty skarang ... tapi sama dngan yang saya plajari yaitu dngan prangkat nahwu dan soroff tuk membaca nya ???? apakah asukino mngrty soroff dan nahwu kok brani tafsir qur an dngan trjmah bahasa indonesia

      Hapus
    4. MTA=bani isro'il podo2 ngeyelan
      tahlilan kok bid'ah janjane do tau ngaji ora to?di tasrif sek kang tahlilan seko kata opo.nasrif ae g iso wani nafsirke al qur'an jan payah

      Hapus
    5. MTA G PERNAH MENAFSIRKN AL-QUR'AN HNYA MMPELAJARI TAFSIR AL-QU'AN N HADIST NABI DAN D TKAN KN THUK PNGAMALN AL-QUR'AN N HADIST YG SHOHIH ,

      Hapus
    6. tuan luqman yang terhormat.kalau zina lebih baik dari tahlilan itu saya mang belum dengar,tapi low anjing dilepas untuk berburu dengan bacaan basmalah kalau anjingnya mati dagingnya halal aku pernah dengar di radio mta.kata kata yang kuungkapin di atas adalah yg pernah saya dengar.terima kasih n salam kenal

      Hapus
  7. Saya pendengar Radio Majelis Tafsir AlQur'an sudah setahun lebih, saya bukan warga MTA dan saya tidak pernah mendengar ceramah pak sukino mengenai statemen yang disampaikan oleh pak marzuki. Saya hanya senyum2 dan geleng2 kepala saat dengar ceramahnya pak marzuki. Malahan semenjak saya kenal tu radio baru saya tahu bahwa Islam itu mudah dan tidak ribet. Dari pada mendengar stemennya pak marzuki, mending langsung setel radionya. Banyak ceramahnya. Cek langsung dgn medengar ceramahnya.Apakah benar yang dikatakan oleh Pak Marzuki itu.

    MTA punya streaming radionya. MTAFM.com

    Pernah saya baca forum debat orang islam ma kristen. Mereka pakek dalil2 dari quran dan injil. Biar saya ngak kejebak ama dalil mereka(siapa tau mereka edit dalilnya) langsung saya cek dengan membuka quran dan injil online.

    makasih atas kenjungan ke blogku ya mas bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok trims juga atas keterangan info yang diberikan,,g perlu jauh2 mas brooow... di Ponorogo juga telah berdiri radio MTA yang selama ini meresahkan warga masyarakat Ponorogo dan sekitarnya....

      Hapus
    2. meresahkan bagaiman pak poetra ogros?? bisa di perjelas maksud anda??
      dan bisa di berikan alamat web radio tersebut??

      Hapus
    3. yang pernah saya dengar langsung ditelinga,,,,,dalam dakwahnya mereka mengharamkan yasinan,tahlilan dsb....untuk web adionya mohon maaf saya g tau dan juga g mau tahu...

      Hapus
    4. @Poetra Ogros. kecuali kalo hatimu dan telingamu telah terkunci mati hingga utk melakukan tabyyun ke mta pun tidak kau lakukan.

      Hapus
    5. Meresahkan bagi yg tak beriman

      Hapus
  8. FPI walaupun keras tapi tak pernah bubarkan tahlilan,pengajian dan lainya

    BalasHapus
  9. ha.ha.ha..!! ada istilah islamaphobia jangan sampai mucul lagi istilah MTAphobia wk.kk.kk.kk

    BalasHapus
  10. A.SuKiNO = Asu Kirik Keno
    padahaL DIA TAHLILAN G' HAFAL.......
    KLO GUA SAMPE KETEMU LANGSUNG,GUE HAJAR HABIS2AN TU ORANG

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar mas broow......,,,lakum dinikim waliyadin aja dwech...... heheheee.....
      semoga aja tahlilan semakin mendunia....

      Hapus
    2. Assalamualaiakum Mas Poetra Ogros yang baik,
      Kelihatanya kok seru banget sebenarnya ini masalahnya apa dan knapa to? kok kelihatanya seru banget, maaf sy ketinggalan berita MTA itu apa mas?
      terimakasih
      Wasalam

      Hapus
    3. Assalamualaiakum Mas Poetra Ogros yang baik,
      Kelihatanya kok seru banget sebenarnya ini masalahnya apa dan knapa to? kok kelihatanya seru banget, maaf sy ketinggalan berita MTA itu apa mas?
      terimakasih
      Wasalam

      Hapus
  11. kalau jamannya sahabat mungkin langsung dipenggal kepalanya mas... andaikan Negara ini Negara syariat, saya siap menjadi relawan untuk memenggal orang-orang yang melarang tahlilan, yasinan, dan Dzikir kepada Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Jazien,,,,lanjutkan maulidan, majelis Dzikir, Sholawatan, dsb.......
      NKRI = HARGA MATI

      Hapus
    2. Sebenarnya tidak ada yang berhak melarang melakukan segala sesuatu, termasuk ustad Sukino. Anda mau jungkir balik di dunia ini, ya silakan. Itu hak Anda! Tetapi yang hak dan yang batil itu sudah jelas, sudah ditunjukkan oleh Allah. Itu terserah Anda saja.

      Hapus
    3. NKRI? Yang benar aja bro? Punya prinsip NKRI kok gitu ya! NKRI pasti tidak akan memaksakan pendapat. Ada yang berbeda pemahaman saja sewot, gitu kok NKRI.Egonya tinggi kok NKRI!Emangnya negari ini milikmu sendiri! Emangnya Ponorogo ini milikmu sendiri! Emangnya mesjid ini milikmu sendiri! Semua itu milik Allah. Semua berhak untuk merasa memiliki dan menggunakan! Gitu bro! Jangan mentang2mayoritas, terus menang-menangan! Jangan gitu dong BRO! Sesama muslim wajib saling menghormati, meskipun berbeda pemahaman.

      Hapus
    4. eh taaaaaaaaafsyr quran tu dngan cara d tafsir prkaaaaaaaaaalimah quran tu luas asukino tu masih kliru terjemah ma tafsir tu beda

      Hapus
  12. sebenarnya MTA itu mengikuti FAHAM apa ya....????

    BalasHapus
    Balasan
    1. kang,,,langsung tanya saja kepada para pengikut MTA

      Hapus
    2. ASUKINO adalah korban kekerasan otak yg terlalu dalam mempelajari agama bukan dari Al furqon dan as-sunnah saja ,,, sayangnya dia belum katam kitab kuning sukro bledek ardy baskoro al borok ! Ckrakrakrak.

      Hapus
    3. heheheheee...... anoim yang diatas siapa yo????

      Hapus
    4. faham sakarepe dewe mas doel ha ha ha ha

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. kenapa sih pada ribut, semua orang punya pemahaman masing2... kalau anda puas dengan tahlilan ya lakukan tapi kalau ada orang yang megharamkan tahlilan ya silahkan... inilah mudahnya INDONESIA PORAK PORANDA... penafsiran Al Quran dan hadist pasti bermacama macam, kaena nabi Muhammad sudah meninggal jadi ya jadi amburadul gini umat Islam, tidak tahukah kalian harusnya bersyukur bisa hidup tentram,coba kalian hidup di timur Tengah sana yang penuh polemik, taruhannya NYAWA bro.. siap mati.paling gak suka umat islam kq ribut, BETAPA MUDAHNYA KALIAN DIPECAH BELAH YAHUDI.... hormati perbedaan BRO... semakin kalian ribut semakin mudah kalian dihancurkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. balasan komentar yang sangat mendasar sekali,sebenarnya begitu indah perbedaan itu kalau kita bisa saling menghormati dan tidak saling mengkafirkan.

      Hapus
    2. Faham seperti yang disampaikan MTA itu sebernarny bukan hal baru, dan hak. Muhammadiyah, Al Isyad, dan masih banyak lainnya itu ya seperti MTA.Mengapa seolah faham ini hal baru. Itu salah besar bro. Sebenarnya ada kecenderungan, faham MTA. Muhammadiyah, Al Irsyad, dsb itulah yang cenderung mendunia karena lebih masuk akal. Maka tidak heran jika dalam waktu yang relatif singkat, sudah memiliki pengikut yang cukup banyak. Silakan Anda berkoar-koar,"Saya siap jadi benteng ASWAJA" dan menghambat gerakan yang hak ini. Tetapi, saya yakin, jika gerakan ini hak, pastilah Allah meridloi. DIHAMBAT, MERAMBAT BUNG! Inilah NKRI yang sebenarnya. Tidak egois. Tidak mengeklaim ini, negara saya sendiri, Ini masjid saya sendiri! Orang yang tidak sepaham, tidak berhak atasnya!

      Hapus
  15. jangan berkomentar kalau belum tau sendiri

    BalasHapus
  16. Saya hanya mengira lho kalo ada yg salah mohon di betulkan, MTA itu memandang tahlil sebagai perbuatan Syirik, nah padahal dosa syirik itu lebih besar daripada dosa melakukan zina, kesimpulanya Dosa tahlilan lebih besar daripada zina, wal hasil sama - sama berbuat dosa lebih baik berzina ( karena dosanya lebih kecil ) daripada melaksanakan tahlilan ( karena dosanya lebih besar = dosa syirik ) . Ini cuma perkiraan lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silogisme yang sangat cerdas, mas Bayu Bajra. Islam itu sudah sempurna. Barang siapa yang menambah, mengurangi atau mengada-adakan dalam masalah agama yang tidak dicontohkan oleh nabi termasuk perbuatan bet'ah. Tahlilan, yasinan,sholawatan dalam desainnya yang kita kenal sekarang ini adalah hal yang baru. Jaman nabi, sahabat, bahkan sampai pada IMAM 4 tidak ada acara yang didesain semacam ini. Maka tahlilan, yasinan dan sholawatan itu termasuk bet'ah.Setiap be'tah itu ya buruk. Karena :
      1. akan memecah-belah ummat.Di Indonesia saja menurut
      catatan ada lebih dari 70 thoriqot, karena pembiaran
      inovasi dan kreasi manusia dalam masalah agama.
      2. agama yang sebenanya mudah, dibuat sulit.

      Bagi saya ya, kita ikuti saja ajaran rosul yang benar. Kita ini bisa melakukan yang pokok saja sudah pentholan. Untuk apa kita menambah-nambah hal yang tidak jelas. Mari kita kembali kepada Allah dan Rosul-Nya.Itulah, cara mencintai Allah dan rosul-Nya menurut saya.

      Hapus
    2. Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. (Hujurat ayat6)
      Camkan (Pelajari tafsirnya)ayat diatas.
      Saya pendengar radio yg mula mula anti mta. tapi ternyata apa yg dituduhkan MTA tentang mengharamkan tahlil, Zina lebih baik dari pada tahlilan, Daging anjing halal, semua itu ternyata hanya fitnah dan tidak ada benarnya sama sekali...
      saya orang NU yg prihatin terhadap saudara saya sendiri, yg tanpa tabayun langsung menyebarkan berita bohong.
      Mudaah mudahan segera dapat hidayah dari allah.

      Hapus
    3. qolla sollohu 'alaihi wassalam man a'ana mayyitin bi qiro'atin wadikri istaujaballohu lahul jannah HR addarimi dan nasa'i dari ibnu abas.
      artinya rasulloh bersabda siapa menolong mayit dengan membacakan ayat2 al qur'an dan dzikir alloh memastikan surga baginya
      di dalam tahlil isinya dzikir dan baca alqur'an sek di anggap sirik dmana?

      Hapus
    4. bagi saya asukino dan pngikutnya hanya orang gila yg sok kminter dan g tau hadist dan alqur'an

      Hapus
    5. jika mnRt anda solawatan itu bid'ah baca alquR'an suRat AL Ahzab ayat 65 lalu tafsiRkan

      Hapus
    6. ma'af mbak kaffa,kayaknya surat al ahzab ayat 56 deh.innallaaha malaikatu yusholluna 'alannabii.yaa ayyuhalladziina aamanu shollu 'alaihi wassaliimu tashliima
      tolong di cek lagi ya mbak.ma'af sebelumnya bukan ku ngajari.kita sealiran kok.yang membid'ahkan sholawat itu mungkin lupa ayat ini atau di qur'annya gak ada ayat ini.kita harus maklum mbak.kan mereka belajar ngajinya bukan dari kiyai,ustad atau ulama.mereka ngajinya langsung dari allah n rosul.allah dan rosul mendatangi mereka dan langsung ngajarin mereka.jadi ilmu mereka lebih tinggi daripada para ulama n para kiyai

      Hapus
    7. mas bayu bajra tahlilan itu baca kalimah laa ilaaha illallaah.kalau baca laa ilaaha illallaah itu syirik yang gak syirik baca apa.tolong dicermati lagi.
      john ra yg terhormat.tolong baca surat al ahzab ayat 56.apa anda lupa ayat ini atau di qur'an anda tidak ada ayat ini.kesimpulanya ayat ini ditambah tambahin atau gak mau tahu dengan ayat ini.
      fausan yang baik.saya lebih prihatin lagi sama anda yang menuduh kyai anda sendiri memfitnah mta.saya pernah mendengar di radio khusus mta yang menerangkan bahwa anging bila dilepas dengan bacaan basmalah bila anjing itu mati dagingnya halal.apa radio itu juga fitnah atau anda bukan orang nu yg ngaku orang nu untuk menjatuhkan nama nu terima kasih semuanya n salam kenal adja

      Hapus
  17. Semoga qta termasuk umat nabi yg slamat..bolehlah qt benci perbuatan mereka, tpy manusianya ttp sama, mreka temen seagama qt..smga cpet dpt hidayah drNYA....amin, (Forum Jaringan Islam Traditional)

    BalasHapus
  18. . Jgn kn di pon0r0go,..
    . Di solo pun juga diGASAK tuh orang...
    . Kh,anwar zahid pun jg ikut GASAK ogh, di demak mlh dibubarkan..
    . Oleh ustad s0ny, jg prnh diundang acra maulidan, kumpul antar ustad N kyai tp gag dateng jg tuh org,.

    . kal0 Hebatnya tu orgnya sabar bgt,bsa istiq0mah,.. Q salut N iri ama dia...

    . Tp heran q knpa kjelekannya kox diGEMBAR-GEMBORKAN gtu lh0o,.
    . kalow emg ga' suka ya jgn ajak" org lain dunk, N kalow emg ilmunya blm sbrapa sharusnya mau diajak kumpulan bersama td..

    BalasHapus
    Balasan
    1. undang juga Kyai Ali Shodiqin ,,, dirampungi wae wong iku

      Hapus
    2. Kyai-Kyai dan Kyai... apa Nabi dulu kenal sama Kyai yg kamu idolakan itu? Sahabat Nabi aja blum tentu kenal... dan mereka qm jadikan panutan?

      Hapus
    3. anonim yang goblok.mang nabi kenal ma kamu.low ngomong mikir dulu.lihat sabda nabi ulama adalah pewarisku pewaris para nabi.pa di mta gak da ada hadits itu.atau hadits itu dihapus

      Hapus
  19. untuk pendukung MTA semoga diberi Hidayah Oleh Allah.Amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin yaa robbal 'Alamin...

      Hapus
    2. Do'a nya kurang tepat, semoga kita semua diberi hidayah oleh ALLAH... Amiin.

      Hapus
  20. diberi hidayah dan kembali ke Jalan Allah.Salah melangkah Neraka menunggu Panjenengan Pengikut MTA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bisa kebalikannya Bro!

      Hapus
  21. allohummahdi qoumiy finnahum laa ya'lamuun.

    BalasHapus
  22. Tuduhan yg sangat keji dan sangat kotor dan dibarengi koment sangat2 keji... Aku dah 20th di MTA belum pernah mendengar ini semua. Mudah2an yg menulis ini semua segera insyaf dan diberi hidayah oleh Alloh SWT...dan jk tidak, mudah2an Alloh membalas mereka setimpal dg perbuatannya...INGAT!!!! APA YG KAMU ANGGAP RINGAN DIMULUTMU (TULISANMU)INI DI HADAPAN ALLOH ADALAH PERKARA YG BESAR...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 20 tahun sesat kok bangga mas wiyoto

      Hapus
  23. aq dukung perjuangan mta.....sampai sekarang aku pendengar persada fm,,,ga pernah mengalami kejanggalan tetep dari quran dan sunah,,,ga kaya aq ngaji dulu,,,cuma dari kata mbah nyai aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kamu ngin ngerti hadisnya.. cri sndri agar kamu mau nuntut ilmu itu udah prinsip NU dr dulu.. la mbah yainya d tanya hadsnya juga bsa jawab kuk....

      Hapus
    2. Langsung buka surat AL Ahzab ayat 65 lalu tafsirkan

      Hapus
    3. Ra masuk, ra pas karo permasalahane, jangan asal ngomong aja,ojo ojo malah kon takon mbah kyai slamet bule iku

      Hapus
    4. Jika berbicara tentang Islam, jgan dari mbah, kyai, atau sespuh. Tapi dari Al-Qur'an dan Hadist. Hadistpun jika diragukan harus kmbali lg ke Al-Qur'an. Karna Al-Qur'anlah kitab yg paling sempurna

      Hapus
  24. teruslah kalian berdebat,,,,,yahudi yg tepuk tangan

    BalasHapus
  25. Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.
    (Hujurat ayat6)
    Mudah mudahan yg nulis ini faham ayat diatas...
    Segera diberi hidayah oleh Allah dan bertaubat...
    atau allah akan memberi balasan yg setimpal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saudara ahmad fausan yang terhormat,jikalau saya pernah mendengar sendiri apakah aku boleh mengatakan ke umum

      Hapus
  26. astaghfirullah...
    sesama umat islam haram darahnya
    semoga komen ini yang terakhir
    jngan ada perdebatan lagi
    jngan jlek2an
    MTA,NU
    sama2 islam
    jika berbeda jngan jlek2 satu sama lain
    Allah lah yg akan menilai ...

    BalasHapus
  27. astaghfirullah...
    sesama umat islam haram darahnya
    semoga komen ini yang terakhir
    jngan ada perdebatan lagi
    jngan jlek2an
    MTA,NU
    sama2 islam
    jika berbeda jngan jlek2 satu sama lain
    Allah lah yg akan menilai ...

    BalasHapus
  28. astaghfirullah...
    sesama umat islam haram darahnya
    semoga komen ini yang terakhir
    jngan ada perdebatan lagi
    jngan jlek2an
    MTA,NU
    sama2 islam
    jika berbeda jngan jlek2 satu sama lain
    Allah lah yg akan menilai ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya ada di mta.mereka selalu membahas khilafiyah nu.kenapa gak kembali ke alqur'an luna a'maluna walakum a'malakum atau kalau tidak debat dalil yang disiarkan secara langsung di seluruh televisi dan diliput semua reporter.itu baru adil.jadi tidak membuat bingung umat

      Hapus
  29. astaghfirullah...
    sesama umat islam haram darahnya
    semoga komen ini yang terakhir
    jngan ada perdebatan lagi
    jngan jlek2an
    MTA,NU
    sama2 islam
    jika berbeda jngan jlek2 satu sama lain
    Allah lah yg akan menilai ...

    BalasHapus
  30. astaghfirullah...
    sesama umat islam haram darahnya
    semoga komen ini yang terakhir
    jngan ada perdebatan lagi
    jngan jlek2an
    MTA,NU
    sama2 islam
    jika berbeda jngan jlek2 satu sama lain
    Allah lah yg akan menilai ...

    BalasHapus
  31. mas komen ya kalo sampe si asu itu bisa baca kitab kuning ihya ulumudin aku bela tuh MTA tapi kalo ga ah lupain dia cuma orang yang lagi keblinger dan perlu bantuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangankan baca kitaab Ikhya' to mas?????? baca tasrif ada mumet paling.... heheheheee...

      Hapus
    2. Jangan di suruh baca kitab kuning dulu kasiann suruh ngaji sifaul jinan ae ben le baca al qur'an g blepotan

      Hapus
  32. smua di pertgung jambkan sndri2 tas pa yg dykni, hati nurani slalu memilh yg terbaik,

    BalasHapus
  33. MayaAlloh mengerikan coment2nya, kayak bukan ISlam saja, kyai bukan Rasul tetap manusia biasa bisa salah bisa khilaf, yang mengerikan pendukungnya yang asal mau bunuh orang tanpa tabayyun dulu, Innalillahi wa Inna lillahi rojiun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap koreksi Rasulullah saja bisa khilaf tapi karena beliau Rasul langsung ditegur oleh Alloh SWT, bayangkan yg bukan Rasul, istigfar saudaraku..janganlah menebar fitnah dan kebencian..

      Hapus
  34. Tolong minta doanya masbro. Saudara saya dengerin pengajian m*a nonsrop,, tiap hari pula. Saya udah pusing dengernya. Dulu dia nyerelnya keras2, alhamdulillah skrg dah pelan. Smoga saudara saya itusegera sadar.Yang saya heran, kok pada ga sadar kalo pak s itu sukanya main tafsir sesuai hawa nafau sendiri ya? Justru setelahikut mendengarkn sekian lama, saya sadar bahwa yang beragama berdasar angan2 belaka itu malah mereka a sendiru. Lalu Diabilang tidak boleh taklid, tapi kok pengikuutnya pada taklid sama tafsiran ngawurnya sih ya? Ah,, biarlah itu urusan mereka dengan Alloh swt. Semoga kita semua dilindungi oleh Alloh swt dari bid'ah2 seperi mereka. Amiin.

    BalasHapus
  35. aq memprjuangkan NU ...dan aq kan bawa sampai mati. karna NU udah aq bawa dari lahr . biarlh mta hanya menggoda iman sajaa ...

    BalasHapus
  36. tolong carikan hadistya knpa solawat menurut anda bid'ah

    BalasHapus
  37. untuk menuju Surga,,, Ikut Nahdliyin insya Alloh akan sampai pada tujuan.....,,,tapi kalau ikut Syeikh. A.SUkino saya kurang yakin dwech.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. YG BISA MEMASUKKN KITA KE SYURGA HNYALH ALLAH MAS BROW N AL-QUR'AN N SUNNAH YG SHOHIH YG D IKUTTI .

      NABI PERNAH BERSABDA NABI HNYA MENINGLKN 2 PERKRA YG BLA D IKUTTI TDK AKN TERSESAT SLMA Y YAITU KITAB ALLAH DAN SUNNAH NABI BKAN SURUH NGIKUTII NAHDLIYIN . QTA D MTA JG G PERNAH D HIMBAU MNGIKUTI USTADZ KIE PI DSURUH MNGIKUTI AL-QU'AN N SUNNAH

      Hapus
    2. iya bener hadist itu tapi sekarang banyak msalah yang bru yang d jaman nabi blom ada bkankah ijma' qiyas dan ijtihat juga perlu.

      Hapus
    3. NGIKUTI QUR AN cari masia yang bener2 bsa ngaji QUR AN tu basa arab kunci dari basa ARAB itu NAHWU DAN SOROF....ASUKINO AE NAHWU GAK BISA MAU D NUT YA MALAH JEGURJURANG

      Hapus
    4. buat mas gho.siapa yg mengenalkan qur'an n hadits.pa allah n nabi muhammad datang ke indonesia ata langsung menemui sukino ??????????????????????????.

      Hapus
  38. ikut asukino g dech.
    g bisa ngaji masa jadi panutan hanya orang bodoh yang mau mengikuti

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenere dia g bodoh mas,, tapi "MUNGKIN" saking "PINTARNYA" akire jadi keblinger....

      Hapus
  39. tpi menurut saya GOMBLOK + keblinger
    akhrnya snenge ngafirke kafire dw g d gatkke mulo atine peteng lan nisto
    monggo sederek2 solawatan yasinan tahlilan jalan trus g usah dengerin ocehan asukino n ngikutnya.
    MTA sesat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allohumma Sholli Wasallim 'Ala Sayyidina Muhammad..........

      Hapus
  40. sing podo ngku2 cah NU, mbok yo le komen kui nganggo etika, fakta, n realita, lha wong ngomong ko ga nganggo dasar, isin aku dadi wong NU nek pada ra due sopan santun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq ngrungok no radio ne yakunu i KEPANJINGAN AN I jane d waca yakuna gak yakunu ngunu tafsir qur an BERENG>>>... malah jrumuske wong iku.... ASUKINO

      Hapus
  41. KH. Marzuki..inilah akibat fitnah yang kau sebarkan ...permusuhan sesama umat....apapun yang kita lakukan didunia disisi Allah akan dimintai pertanggung jawaban... smoga Allah memberikan hidayah kepadamu dan mengampuni dosamu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. do ngaji kitab kuning seng gak ono harokate nanti kan bisa pinter Menafsiri Alqur'an dan Hadits yang baik.karena itu tidak cukup dengan buku terjemahan tiap kalimatnya.Itu baru sebatas kosa kata.Ingat..bedakan terjemah dgn tafsir

      Hapus
  42. Kalau congore sukino sopan, maka kami lebih sopan saya 8 tahun mengikuti pengajian MTA, dibahas tahlilan thok, sy 8 tahun tdk suka sama tahlilan, dan kalau melihat orang tahlilan tdk suka walau tdk ngomong, karena hasutan sukino laknatullah, yg di anggap MTA orang yg lebih pintar dari imam safii dan wali 9, wali 9 dan ulama dibilang blatik agama, itu apa mulut seorang ustad, muludnya kambing asal mangap wae,....sebetulnya mau curhat banyak..tapi nggal bagus mencela sukino karena sukino sudah tercela, ulama dan kyai aja jengkel dengan ceramhanya walau mereka bisa sabar dan tetap meminta santrinya sabar, apakah sy dan yg lain bisa sabar..seperti kyai..dan ulama tdk mungkin dasar sukino nabinya MTA tetap di bela walau salah, dihasut sukino pada tdk tahu dasar...orang dungu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. malang sekali sukino????? g usah dicela sudah tercela....

      Hapus
  43. sukino oh sukino malang nasibmu, kenapa kamu menyamakan dirimu seporti nabi muhammad, oh sukino betapa kurang ajar dirimu, berani menyamakan dirimu dgn nabi muhammad..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita semua termasuk sukino mendapatkan hidayah dari Alloh SWT

      Hapus
    2. Marilah kita contoh Ulama' kita Bliau Hadlaratush Syeikh KH. Achmad Asrory Al Isqaqy r.a. betapa teduh dan menyejukkan simaklah tausyiahnya....

      Hapus
    3. Anda itu jangan terlu merasa paling pintar bro,itu sombong, orang sombong dekat dengan setan hati hati tuu,

      Hapus
  44. Kebenaran sekali-kali bukan milik golongan apapun dan siapapun, bukan sekedar taklid pd kyai, ustad, syekh, habib, ato apalah namanya. Tpi kbenaran adalah mutlak milik Allah dan Rasul-Nya.

    "Kebenaran itu adalah dari Rabb-mu, maka jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu." [QS. Al Baqarah : 147]

    Diin-Nya bkn utk di perdebatkan, tpi utk diyakini dan diamalkan.
    Krn kelak dihadapan-Nya kita akan bertanggung jwb sendiri-sendiri "Lana a'maluna walakum 'amalakum" Bukankah lebih baik kita saling menghormati keyakinan dlm menjalankan amalan ibadah masing2. Apa untungnya berdebat? Masing2 dan golongannya sudah merasa paling benar?

    "dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah, yaitu orang-orang yang memecah-belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka." [QS. Ar Ruum : 31-32]

    Dgn berita yg blum tentu kebenarannya, tabayun dulu.jgn disebarkan begitu saja, bisa jadi fitnah yg memecah belah umat.Krn berita bhong yg terucap dr mulut kita akan dicatat oleh malaikat dan kelak akan dimintai pertanggungan jwb oleh-Nya.

    "Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." [QS. Al Isra' : 36]

    "Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu." [QS. Al Hujuraat : 6]

    "Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar." [QS. An Nuur : 11]

    "Ingatlah) di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar. Dan mengapa kamu tidak berkata, diwaktu mendengar berita bohong itu: "Sekali-kali tidaklah pantas bagi kita memperkatakan ini, Maha Suci Engkau (Ya Tuhan kami), ini adalah dusta yang besar." [QS. An Nuur : 15-16]

    Jika sesama muslim terdapat perselisihan.seharusnya dikembalikan pd Tuntunan Allah dan Rasul-Nya, bukan main hakim sendiri. "ini salah, itu salah dan golongan sayalah yg paling benar...!!" Astagfirullah, Jangan main vonis sendiri dgn kebenaran menurut hawa nafsu kita dan golongan kita.

    "Kemudian jika kamu berselisih pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama bagimu dan lebih baik akibatnya." [QS An Nisaa' : 59]

    "Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata." [QS. Al Ahzab : 36]

    Semoga Allah menunjukkan yg haq tampak haq dan yg batil tampak batil.

    Allahumma arinal-haqqa haqqan warzuqnat-tiba'ah, wa arinal-batila batilan warzuqnaj-tinabah, bi rahmatika ya arhamar-rahimiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba smua dalil itu kamu urai makna tiap hurufnya,tidak hanya per kalimatnya nanti kan bisa ditemui pemahaman yang sama.itu yang saya maksud dgn tafsir bukan sekedar terjemah

      Hapus
  45. "Fa inna asdaqol haditsi kitaabullah, wa khairol hadyi hadyu muhammadin (salallahu alaihi wassallam) wa syarrol umuuri muhdatsatuhaa, wa kulla muhdatsatin bid'ah, wa kulla bid'atin dholaalah, wa kulla dholaalatin finnaar.."

    "Man 'amila 'amalan laisa 'alaihi amruna fahuwa rod'dun.."
    [HR. Muslim No. 1718]

    "Man ahdatsa fi amrina hadza ma laisa minhu fahuwa rod'dun.."
    [HR. Bukhari No. 20 - HR. Muslim No. 1718]

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'alaikum bisunnati wa sunnati khulafaurrosyidin....
      itu hadits bukan mas bro....????
      klo hadits brarti apa yang diperintahkan khulafaurrosyidin jg termasuk perintah nabi kan....???
      Di Makkah sholat tarawih 20 rakaat...dn itu dilakukan oleh sahabat nabi sampai skrg... nabi melaksanakan sholat taraweh 8 rakaat...
      Apa orang yg Sholat tarawih dimakkah 20 rakaat jg trmsuk orang2 yg bid'ah....???? mohon jwbnnya ms Bro.... Tq..

      Hapus
    2. tidak cukup mengkaji agama hanya dengan buku terjemahan.sbb itu baru arti per kata.Kalaw TAFSIR itu harus meng urai sampai pada tiap huruf dan harokatnya.smua ada makna yang dalam.baik Alqur'an maupun Hadits.kalaw berani da'wah ya harus berani ngaji sampai hatam jangan cuma bisa mukoddimah sudah sibuk da'wah.hati hati ada prtanggung jawaban kep ALLOH SWT

      Hapus
    3. GAK USAH do debat klaim diri paling benar.yang benar pasti yang berani ngaji kitab kuning di pesantren.akan didapatkan ilmu cara memaknai alhamdulillahi dst."AL"ada faedah apa maknanya apa.."hamdu"maknane apa dst

      Hapus
  46. mengapa kita senang berbangga-bangga dengan golongan kita padahal telah dikatakan "islam akan terpecah menjadi 7...... golongan dan mereka berbangga-bangga dengan golongannya"
    maka saya tidak mau masuk golongan mana saja, saya ISLAM saja ya

    BalasHapus
  47. Islam itu luas dan indah bagi yg mau mensyukuri jangan saling membenci dan menghujat sesama,aq juga orang nu tapi lebih memahami pendapat mta yg tidak sepaham dgn nu,memang nu itu sangat loyal kpd kiyainya..

    BalasHapus
  48. Mta itu menggunakan hanya hadist yg sohih aja, tdk seperti nu terlalu banyak mengguunakan hadist2 yg tidak jelas, seperti mengazani mayat yg mau dikuburkan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cah Mta yg budiman... Nabi Muhammad SAW yg ma'sum saja...., kita umatnya dianjurkan utk menghadiahkn barokah pahala sholawat kpd beliau Nabi Muhammad.... Kita orang awam dn byk dosa ko' sombong klo mati g mau dido'akn dr keluarga kita yg msh hidup....
      Coba pahami bacaan tasahud akhir.... Nabi muhammad SAW dn Nabi ibrohim yg lbh dlu Wafat saja sllu kita doakan dg barokah dn kslamatan...
      Dan coba pahami jg bacaan tasahud awal dn akhir.... distu ada dialog antara Alloh dn Nabi Muhammad...Alloh mndoakn kslamtan Nabi dn nabi mnjwb Assalamu'alaina wa 'ala 'ibadilahisholihin(Kslmtn atas kita dn ats org yg brbibadah dn org sholih2)smoga kita trmsuk org yg ahli bribadah dn trmsuk org sholih....

      Hapus
    2. mta orangnya suci kok mereka kaya nabi dosanya selalu diampuni oleh allah sebelum n sesudahnya jadi gak perlu.yg gak jelasd bukan haditsnya mas anonim tetapi kamu n mta mu gak jelas

      Hapus
  49. Nu Dan Mta itu saudara looo,jangan diadombaaaa....

    BalasHapus
  50. Jane ki piye...??? nek pngn tambah ganjarane yo sregep gole' tambahan ngibadah to yo.... bid'a...bid'ah...bid'ah...ki ws awit mbiyen... Kanjeng Nabi Muhammad SAW.ki yo ra ngajari nahwu shorof...yo ra ngajari tajwid...men Qur'an di woco tartil disempurnake ro shahabat dn tabi'in nganggo ilmu tajwid ln nahwu shorof... nek ngene iki awak dw moco qur'an yo bid'ah... ono an..in...un...ono tanwin...sukun...tasjid... ono fi'il... ono isim...dsb... opo yo trus diarani ahli bid'ah/neraka....????

    BalasHapus
  51. Buat yang bener2 merasa islam saja- setau saya- ini setau saya lo ya' jadi kalo salah ya tolong di benarkan. " Setau saya menurut agama islam panutan saya saling mencela sesama muslim itu di larang dan mencari kebenaran itu di anjurkan- jadi kesimpulan saya alangkah baiknya kalo kita cari tau kebenaran perkataan beliau2 ini betulkah berkata ini itu atau hanya profokasi . Kalau memang saudara semua islam saya yakin 100 % tak kan ada ucapan kotor atau menghina satu sama lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju......ms bro.... knapa sama2 islam saling menjelekan...??? saling menyerang dengan dalil2 dn membid'ahkan sesama islam...??? pdhal islam di indonesia lagi diserang oleh yahudi dan zionis dg tujuan generasi islam di indonesia tidak mengengenal apa itu isi ajaran islam....

      Hapus
  52. saya tnggapi smua yg "suka" & yg tdk "suka" thdp MTA, qta gk usah pusing mmprs0alkn kbnrn tp yg seakan objektf ini, sbnarnya mana yg lbih mslahah & manfaat sj lah yg lbih bnar

    BalasHapus
  53. tentu mata hati yg tdk butalah yg tahu mana yg lbih bnar, NU apa MTA??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahmad aaimbany yang terhormat kebenarannya hanya milik allah cuma kita harus melihat sejarah siapa yang berjasa menyebarkan islam ke indonesia

      Hapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. kalau ngajinya tuntas maka tdk mungkin ada perbedaan dlagama.ibarat enkaji seekor gajah,MTA baru pada muqoddimahnya.jadi jangan ngotot kalau gajah itu bentuknya tipis lebar.NU faha dalil itu baru kupingnya.kalw ales ngaji ya bodoooh.kalw bodoh jangan da'wah.ngaji aja dulu dah sp hatam tamat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngaji ngaji ngajiiii yang hatam.jangan spotong potong.nanti kan faham agama.NU sangat hafal smua dalil yang disampaikan oleh banyak orang lain NU itu benar tapi banyak yang belum komplit baik lafal,makna maupun tafsir.

      Hapus
    2. ketrangan yang disampaikan MTA itu baru terjemah belum tafsir.Ganti nama saja Mjls Terjemah Alqur'an jangan TAFSIR.karena Tafsir kajianya masih jauh dan lebih dalam.

      Hapus
    3. Cocok top markotop kang,, untuk menafsirkan Al Quran tidak hanya menerjemahkan saja, akan tetapi banyak sekali ilmu2 pendukungnya seperti Nahwu, Sorof, Balaghoh, dan sebagainya,, kalau kita hanya menafsirkan Quran hanya dengan terjemahan, maka akan salah kaprah kita memahaminya....
      dengarkan selalu Aswaja Fm Ponorogo ,, Insya Alloh menyapa Ummat dengan Islam yang Rohmatan Lil 'Alamin,,

      Hapus
    4. heheheheheheheh

      Hapus
  56. Diskusi tidak bermutu. Hanya memperturutkan hawa nafsu.

    BalasHapus
  57. Diskusi tidak bermutu. Hanya memperturutkan hawa nafsu.

    BalasHapus
  58. yo ben donyo iki rame..........................

    BalasHapus
  59. jane ki ust.sukino pinter tenan po ora yo...
    quran haditse bener tp tafsirane iku lo....dal del medeni wong
    koyo cah nom numpak sepeda motor buuuuuuuuuuuuuuanter wah jos pokoe bar-barane
    dooooooooooooooooooooooooooooeeeeeeeeeeeeeeeeeer nabrak tembok
    tapi mugo2 entuk pituduh kabh mlebu swargo kabeh

    BalasHapus
  60. Aku Sudar, S.S pendidikan Saya di Pondok pesantern NU 6 Tahun. Kuliah Di IAIN Raden fatah Palembang dan menjadi Kader Aswaja (PMII). dan setelah Lulus pulang ke Desa dan Hidup Dengan masyarakat yang kental dengan Ke NU-an. dan Alhamdulillah sekarag menjadi pengajar di sekolah menengah dan mengajar MULOK IQRO". dan Alhamdulillah semua muridnya tidak ada yang tidak Islam.
    Untuk mengetahui dan mengidentifikasi sejauh mana kemampuan Siswa membaca Al'Qur'an saya uji satu persatu. hasilnya sangat mengejutkan, TERNYATA DARI 130 SISWA KELAS VII HANYA 10 SISWA YANG BARU TAU DENGAN HURUF HIJAIYAH DAN HAROKAT SECARA DASAR. DAN YANG 120-NYA KE MANAAAAAA?
    Yang dapat saya ambil kesimpulan awal secara sosiokultural dan fsikologis relegius(karangan sendiri)bahwa......

    KEBIASAAN DALAM MASYARAKAT YANG KENTAL DENGAN TRADISI NU MENUMBUHKAN KEMALASAN MASYARAKAT UNTUK BELAJAR AGAMA DAN BERIBADAH DENGAN BENAR. ALASAN SANGAT SIMPEL...

    TIDAK PERLU BELAJAR AGAMA DAN BERIBADAH, KARENA "NANTI SETELAH MATI AKAN DITAHLILKAN 3 HARI, 7 HARI, 100 HARI DAN 1000 HARI. JADI UNTUK APA SUSAH-SUSAH BELAJAR AGAMA TOH SURGA SUDAH ADA JAMINAN DARI DO'A PARA PENTAHLIL.KALAU HANYA SEKEDAR MEMBACA SURAT YASIIN. KAN SUDAH ADA TRANSLITNYA.

    JADI KESIMPULANNYA

    TIDAK USAH BELAJAR NGAJI AL'QUR'AN. KARENA SUDAH ADA TRANSLITNYA.

    .Dengan kejadian ini saya saya sangat sadar ternyata apa yang terjadi dengan masyarakat ini banyak terjadi kesalah pahaman. YANG PERLU DILURUSKAN.

    KALAU ANDA TIDAK PERCAYA ATAU MKN INI HANYA TERJADI TEMPAT SAYA SILAHKAN CEK DIMANA ANDA BERADA.

    BalasHapus
  61. masalah yang mendasar sebenarnya hanyalah salah tafsir, salah paham dan salah mengartikan....
    Al Qur'an dan Al Hadits keduanya berbahasa arab.. Bagaimana kita bisa menafsirkan maksud dan tujuannya kalau kita tidak mempelajari bahasa arab beserta ilmu alatnya... Jangankan bahasa arab, bahasa jawa/indonesia saja salah membaca juga salah arti.. Misal ada huruf KTL, kalau ditambah U menjadi kuntul... Coba kalau diganti O udah beda maknanya kan......


    Apalagi ilmu agama yg dasarnya berbahasa arab, ada makna majazi ada qiyasiy dan ada bayaniy... Bagaimana kita bisa tahu? Ya tentunya belajar dari guru yang punya sanad jelas bukan sak karepe wudele dewe....

    Yang belum bisa baca al qur'an menjadi tanggungjawab bersama demi generasi kita ke depannnya... Jangan ada yang merasa paling benar, tapi dicari dulu kebenarannya...

    Syukron.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas khabibo rohman yg baik.saya setuju mendingan kita tanyama yang ahlinya yaitu ulama,kyai dan ustad

      Hapus
  62. sanadnya ga jelas ...sukino ngawur terjemahkan pake aqly thok...dg sanad sing ga jelas pisan.

    BalasHapus
  63. karepmu mas. yen percaya ya tinggal diamalkan. klu tidak ya ditinggal aja

    BalasHapus
  64. Umar bin Al Khattab berkata : “hisablah dirimu sebelum dihisab, dan timbanglah sebelum ia ditimbang, bila itu lebih mudah bagi kalian dihari hisab kelak untuk menghisab dirimu dihari ini, dan berhiaslah kalian untuk pertemuan akbar, pada saat amalan dipamerkan dan tidak sedikitpun yang dapat tersembunyii dari kalian.”

    BalasHapus
  65. MTA? majelis tafsir alquran? hah kalo ngartikan ngawur aja, letter lek, padahal dalam alquran dan hadits artinya itu bisa dijabarkan lebih lebar dan luas. bukan seperti itu. makanya Untuk pak SUKINO yang di agung2kan di MTA, Belajarlah lebih dalam mengenai ILMU nahwu sorof, bahasa arabmu diperdalam, tajwidmu diperdalam. gak bisa ngaji jangan asal nyeloteh. pakai bid'ah2 segala. jaman sekarang itu semuanya bid'ah/ naek mobil bid'ah, pakai handfone bid'ah, naek pesawat bid'ah, siaran di radionya pak Sukino itu juga Bid'ah. belajar ngaji dulu sana. pas solo banyak orang awamya aja kamu seenakya menafsirkan qur'an dan hadis letter lek. sak penakmu dewe. kalo pengen ngaji bener cari pesantren yang bener jangan yang sesat pula, dah menyesatkan orang lain nanti kamu dapat ilmu mbok sesatkan lebih parah lagi nanti pendengar radiomu.

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. Masalah Furu'iyah Gak usahlah terlalu diperdebatkan. kalo bisa ijtihad sendiri silahkan, kalo belum bisa Taklid juga tidak dilarang. kalo kita pengen guyub rukun, TASAMUH - TAWASUTH - TAWAZUN adalah (yang menurut saya) jalan yang terbaik. bagi yang bermadzhab, tetep konsistenlah terhadap madzhabnya. esensi diciptakannya manusia hanyalah "Memperbudak" diri kepada Allah SWT. banyak waktu yang hilang hanya untuk mempermasalahkan perbedaan yang sebenarnya adalah rahmat yang tidak ternilai harganya. Tata laksana ibadah (Fiqih) yang ideal memang mutlak harus dari al-Qur'an. Bagaimana memahami al-Qur'an? kita pasti sepakat harus memahami al-Hadits juga, bagaimana memahami al-Hadits, tentunya kita harus tahu ilmu Mustalah Hadits, yang semua itu harus kita kuasai dan pahami Gramatikal Arab (Nahwu-Shorof-Balaghah-Mantiq-dsb) yang semua itu dapat kita dapati pada referensi-referensi yang mendukung baik buku-buku klasik (kitab Kuning) maupun buku-buku kontemporer karya ulama di era modern.
    Allah maha pemurah dengan menganugerahi kita Akal yang kita sepakat sebagai pembeda antara hewan sebagai ciptaan Allah dan Manusia juga sebagai ciptaan Allah.
    proporsionalitas antara Akal sebagai dalil akli dan Nash al-Qur'an dan al-Hadits sebagai dalil aqli harus selalu kita junjung tinggi.
    Tata Krama Beribadah (Tasawuf) juga tidak boleh kita abaikan. syarat dan rukun dalam ibadah mahdhoh mutlak harus terpenuhi, tapi kualitas beribadah juga mesti kita tingkatkan dengan selalu merealisasikan Tata Krama Beribadah.
    SELAMAT BERIBADAH..!!!

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada gak yaaa.... link pengajian MTA tentang fiqihnya yang menafsirkan kitab gunduuuoool....secara langsung dengan lancar dan luwes,,,,,katanya juga ada ilmu fiqihnya,,,, apakah dasar utamanya??? nd radio chanel brapa kalo dikota warok???

      Hapus
  69. Dalam sebuah hadist shohih disebutkan:

    “Dan ‘Aisyah RA, “Seorang laki-laki bertanya kepada Nabi SAW, “Ibu saya meninggal secara mendadak dan tidak sempat berwasiat. Saya menduga seandainya ia dapat berwasiat, tentu ia akan bersedekah. Apakah ia akan mendapat pahala jika saya bersedekah atas namanya?” Nabi Muhammad menjawab, “Ya”.” (HR. Muslim, :1672).
    SOHIH....

    INGAT: Ini shohih..... Jadi tahlilan lan shodaqoh'an ki oleh..... gek pahalane iso teko marang sing dikirim'i. iki Rosululloh sing ngendiko pas tasek sugeng...

    BalasHapus
  70. ASukino itu tidak pernah di pesantren dan tidak bisa baca kitab kuning, Orang gitu kok dijadikan panutan.!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  71. Emange sing ngerti kanjeng Nabi iku gur sukino thok ta....???
    kok Puede timen bid'ah"ne .... Ulama' jaman biyen ae ijma'e di anggep gak valid... gak apek...Biografine sukino ae gak jelas....

    BalasHapus
  72. Jangan mengikuti Ulama, Kyai, Syekh atau siapa lah. ikutilah Al-Qur'an dan sunnah Rosul. Yg masih dekat dg Nabi pun ada yg mngungkapkan prnyataan yg tdk bnar, apa lg qta djaman skrg yg sudah jauh skali dr Nabi. Maka jika kamu dapat ilmu, kajilah sedalam mungkin artinya dan sumbernya darimana. Dan tetap kembali kepada Al-Qur'an kitab yg paling sempurna

    BalasHapus
  73. Coba Saudaraku amati waktu Asukino berdakwah pada ahad pagi yang membaca Al-qu'an adalah orang lain. Itu menandakan Asukino TIDAK BISA MEMBACA AL-QUR'AN DENGAN TARTIL, wahai pengikut MTA anda telah dicuci otakmu hati-hati dengan segala dakwah MTA. Ingat latar belakang Asukino

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan biarkan lingkungan kita, keluarga kita, serta orang2 yang kita sayangi terjerumus oleh ajaran SUKINO

      Hapus
    2. Itu mah anda saja yg terlalu membenci MTA. Kalo tdk bisa baca Al-Qur'an bagaimana bisa dy punya pengikut sebanyak itu yg juga orang berpendidikan tinggi, mungkin lebih tinggi dr anda

      Hapus
    3. Dan orang yg berpendidikan ketika dia dpat ilmu, pasti ditlusuri sumber ilmu itu dr mana sampai ke titiknya

      Hapus
    4. Hapuskan dari bumi kota reog sekarang jugaaa,.....
      wali songo yang 'alim ae dalam cerita, enggan melintas ke ponorogo... po maneh iku...
      berantas pakek ROUNDAP..........

      Hapus
  74. Ceramah apaan ini? GAK ADA MUTUNYA

    BalasHapus
  75. Sudar, S.S 16 Maret 2013 ---->>> saya menanggapi komentar Anda:
    Nek masyarakatmu iku podo goblok moco qur'an.....
    pintermu di ngge opo terusan...?? ape di bank'ne, terus metu bungane opo piye??
    ilmu ki di amalno....
    sing tuwo kadang isin arep belajar... kowe sing enom, gek jerene arek kuliah'an iku nyapoooo kok gak momong sing Tuwek diwarahi ngaji...
    masyarakat sini walaupun tua, tapi banyak yang belajar ngaji....
    gak percaya??? cek sendiri....!!!.
    nyapo nyalah"ne NU, , , , ,.
    gak yakin aq nek kamu aktif ikutan organisasi NU.

    BalasHapus
  76. saya prihatin dengan kondisi seperti ini, semogasemua segera ingat dan berhenti dari menghujat dan menuruti hawa nafsu.

    BalasHapus
  77. cara cara sepperti ini bukan dari islam, saya yakin anda semua bukan termasuk orang yang sholad,....... sudahlah, apa ndak ada pekerjaan lain, la na a'maluna walakum a'maalukun.

    BalasHapus
  78. bayu bajra : tahlilah adalah membaca kalimah kalimah thoyibah untuk orang yang meninggal dengan tujuan mendo'akan orang yang telah meninggal.di al qur'an pun kita disuruh mendo'akan orang lain.tahlil adalah laa ilaaha illallaah.kalau tahlil itu syrik jadi semua orang yang baca laa ilaaha illallaah syirik semua.low yang menyatakan tiada tuhan selain allah itu syirik terus apa yang ga syirik.menyembah selain allah.naudzu billaahi min dzalik

    BalasHapus
  79. الْعُلُمَاءُ وَرَثَةُ اْلأَنْبِيَاءِ

    BalasHapus
  80. debat boleh tapi debat yang sehat ya..
    biarkan ummat yang memilih..sesuai hati nurani dan pemahaman masing-masing
    kalau saya pribadi sich nyaman-nyaman aja dengerin pengajian MTA gak da ajaran sesat-sesatnya tuh

    BalasHapus
  81. Dalam segala hal ada ilmunya, demikian juga dalam berdakwah, mngkin pak sukino kurang memahami dalam hal ilmu dakwah, walaupun yang hak harus dikatakan hak demikian pula yang batil, tetapi manusia bukanlah robot, terdapat jutaan lautan manusia yang berbeda, sttment 2 pak sukino kurang memahami adab-adab dalam berdakwah sehingga terjadi penghakiman terhadap hak-hak pemahaman islam dari kelompok lain. Jadi, masalahnya adalah cara memahami agama yang beda dengan yang lain dan pemahaman itu disampaikan tanpa memperhatikan adab cara menyampaikan.

    BalasHapus
  82. Dalam segala hal ada ilmunya, demikian juga dalam berdakwah, mngkin pak sukino kurang memahami dalam hal ilmu dakwah, walaupun yang hak harus dikatakan hak demikian pula yang batil, tetapi manusia bukanlah robot, terdapat jutaan lautan manusia yang berbeda, sttment 2 pak sukino kurang memahami adab-adab dalam berdakwah sehingga terjadi penghakiman terhadap hak-hak pemahaman islam dari kelompok lain. Jadi, masalahnya adalah cara memahami agama yang beda dengan yang lain dan pemahaman itu disampaikan tanpa memperhatikan adab cara menyampaikan.

    BalasHapus
  83. inilah jk umat mengikuti kt2 kyai,jk salah tetap mngaku bnr karena yg blg seorg kyai,mari saudara kmbali kpd al qur an dan sunah,

    BalasHapus
  84. inilah jk umat mengikuti kt2 kyai,jk salah tetap mngaku bnr karena yg blg seorg kyai,mari saudara kmbali kpd al qur an dan sunah,

    BalasHapus
  85. tergantung pemahaman dan pribadi masing2...sebagai seorang muslim sejati,tetap harus iman pd qur'an dan hadist, tidak boleh mengurangi dan melebih lebihkan makna yg ada dlm alqur'an,dan hadist rosul tuntunan kita...ini adl salah satu tanda kiamat sudah dekat,terjadi perang sodara sesama muslim

    BalasHapus

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

 
Support : Creating Website | Poetra Ogros | Aswaja Fm | Master Web
Copyright © 2011. Bukan Gagal Maksud - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Poetra